Tips Menghadapi Stress

Stress adalah bagian dari kehidupan manusia. Benda hidup maupun yang mati dapat menjadi sebuah pemicu stress. Bahkan perasaan negatif yang ditimbulkan sendiri oleh penderita dapat pula menjadi pemicu… So, seenak apapun kehidupan seorang manusia, stress tidak akan pernah terlepas dari diri seorang manusia. Nah, mau tau gimana mengelola stress? Simak beberapa tips berikut ini…

Seberat apapun beban yang ada pada diri ini, berusahalah untuk tersenyum. Berdasarkan penelitian, senyuman merupakan wujud dari kesehatan jiwa. Senyuman menjadi sugesti peringan beban. Senyuman yang tulus tentu akan mencairkan suasana yang tadinya beku, memberikan semangat dan kekuatan, mencerahkan suasana muram, serta penenang jiwa yang resah.

Melakukan relaksasi tiap kali mengerjakan sesuatu yang memerlukan durasi panjang, misal dengan sejenak memejamkan mata (bayangkan kamu tengah berada di bawah air terjun di mana percikan air mengenai wajahmu), atau dengan menarik nafas dalam (deep breathing).

Melakukan olahraga dan puasa sunnah (bagi seorang muslim) ternyata merupakan metode jitu lho untuk mengelola stress. Kedua aktivitas tersebut terbukti memicu tubuh untuk menghasilkan endorfin dan enkefalin yang mampu memberi rasa bahagia, lega, tenang, dan rileks secara alami.

Kalaupun memungkinkan, jauhi sumber-sumber yang dapat memicu stress. Jangan memaksakan diri untuk menambah beban ketika beban sebelumnya belum sepenuhnya terselesaikan karena hal itu justru membuat rasa stress kian terasa berat.

Ketika rasa penat menyerang, tenangkan diri dengan dzikir, istighfar, atau mencari tempat yang tenang. Setelah ketenangan terwujud, segera tentukan langkah untuk menghadapi stress. Jangan hanya berusaha menjauhi stress. Get it, solve it. Kebiasaan menjauhi stress yang senantiasa menerpa dapat menjadikan jiwa ini kecut serta lebih suka lari dari kenyataan.

Selamat Mencoba…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>