Dilema Pendidikan Indonesia

Entah siapa yang patut dipersalahkan dalam menata pendidikan di Indonesia. Carut marut dunia pendidikan tak luput dari peran serta masyarakat sendiri yang membiarkan diri mereka (generasi muda. red) larut dalam kesenangan hidup. Dugem, mabuk, nongkrong, atau apalah yang memang sangat menyita waktu dan sangat tidak bermanfaat. Apa sih maunya?? Biar dianggap gaul kah? Biar tidak ketinggalan zaman?

Ironisnya, meski pada dasarnya mereka (generasi payah. Red) malu dengan keadaan mereka, mereka tetap saja meneruskan perbuatan tersebut. Bahkan tak jarang semakin menjadi-jadi. Apakah mereka berpikir bahwa mereka akan muda untuk selamanya? Tidakkah mereka memikirkan masa depan mereka?

Bangsa Indonesia telah terjebak dalam suatu lingkaran yang seakan tiada berujung. Kadang-kadang terpikir dalam benak penulis yang bertanya-tanya tentang kemajuan Indonesia. Akankah hal tersebut tercapai? Melihat dunia pendidikan nan penuh dilema, rasa-rasanya akan sangat susah mewujudkan pembangunan pendidikan manusia Indonesia seutuhnya. Anggaran 20 persen sekali pun tidak akan menyelesaikan masalah tanpa didukung partisipasi aktif dari para generasi muda. Marilah saudara kita pikirkan masalah ini. Akankah selamanya bangsa kita terpuruk? Semoga tulisan ini bermanfaat. Thanks for your attention. Cao!!

Special for : Temen-temen SD-Q. Hope you’ll find something new on your life. Semoga kalian sukses and yang jelas menjadi orang yang tidak salah arah!!

2 thoughts on “Dilema Pendidikan Indonesia

  1. Memajukan Pendidikan Tidak Lah hanya Pada Pundak Generasi Muda Saja. Tapi Pada semua penduduk indonesia….
    Sudah Jelas tercantum di dalam Pembukaan UU dan Butir pancasila…..
    Hanya saja, Di Era yang dewasa ini, Kita telah dikekang dengan Sistem Yang sangat Tersentralisasi dan Para mafia yang masih bernaung di Dunia pendidikan ini…
    Terkadang aku ingin menangis melihat negeri ku ini, tapi apa kandaya jika suara hanyalah sebatas artikulasi yang tak bisa mengubahbya dengan begitu saja…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>